Rabu, 29 Juni 2016

Tisarana / Tri Ratna




Salah satu pengetahuan dasar dalam agama Buddha adalah Tisarana / Tri Ratna yakni Buddha, Dhamma dan Sangha. Seseorang telah menjadi umat Buddha apabila ia menerima dan mengucapkan Tri Ratna yang berarti kita mengakui dan berlindung pada Buddha, Dhamma dan Sangha.

Buddham Saranam Gacchami (Aku berlindung Kepada Buddha)
Dhammam Saranam Gacchami (Aku berlindung kepada Dhamma)
Sangham Saranam Gacchami (Aku berlindung kepada Sangha)

Buddha berarti menjadi sadar / kesadaran sepenuhnya / bijaksana. Dengan kata lain, Buddha berarti seseorang yang telah mencapai Penerangan / Pencerahan Sempurna dan Sadar akan Kebenaran serta Alam Semesta. "Sang Buddha" adalah seorang yang telah mencapai Penerangan Luhur, Kebenaran mengenai Nirvana serta membabarkan ajaran sejati tentang kebebasan / keselamatan dunia semesta sebelum parinirvana.

Dhamma adalah Hukum Kebenaran / hal-hal yang berhubungan dengan ajaran agama Buddha. Dhamma adalah ajaran-ajaran Sang Buddha setelah mencapai Penerangan Sempurna, yang mengandung kebenaran dan jalan menuju Nibbana. Dhamma Sang Buddha pertama kali dibabarkan oleh Sang Buddha kepada 5 pertapa yang merupakan murid Sang Buddha sehingga kelima murid tersebut mencapai tingkat kesucian Arahat. Dalam Dhamma selalu diajarkan untuk menghindari dan melenyapkan Lobha (Keserakahan), Dosa (Kebencian), dan Moha (Kebodohan Batin).

Sangha adalah persaudaraan para Bikhu, Bikhuni pada waktu awal terbentuk. Ketika agama Buddha mulai berkembang, para anggotanya mulai berkembang selain Bikhu dan Bikhuni, juga para umat awam yang telah Upasaka dan Upasika dengan bertekad untuk mempraktekan Pancasila Buddhis atau Bodhisattva Sila.

*Dari berbagai sumber*
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar