Senin, 11 Juli 2016

Baris Kedua : Tiga Bodhisattva Agung / Three Great Bodhisattvas - Bagian Kedua




KIRI (DUDUK DI ATAS GAJAH PUTIH)
Pǔxián púsà (普贤菩萨) / Universally Worthy Bodhisattva / Samantabhadra Bodhisattva merupakan Bodhisattva perwujudan dari cinta, aktivitas yang suci, kebajikan, ketekunan dan kesabaran. Samantabhadra terkenal karena persembahan-Nya yang tidak terbatas kepada para Buddha dan sepuluh sumpah agungnya yang tertujukan kepada orang - orang yang sengsara.


TENGAH
Guānyīn púsà (观音菩 / Guānshìyīn púsà (观世音菩萨) / Avalokitesvara Bodhisattva adalah Bodhisattva yang merupakan perwujudan sifat welas asih dari semua Buddha. Ia adalah Bodhisattva yang paling dimuliakan dalam tradisi Buddha Mahayana. Di China dan ranah yang dipengaruhi budaya China, Avalokitesvara seringkali digambarkan sebagai seorang Dewi yang dikenal sebagai Dewi Kwan Im. (Akan tetapi, dalam mitologi Tao, asal mula Kwan Im memiliki kisah yang berbeda dan tidak ada sangkut pautnya dengan Avalokitesvara.

KANAN (DUDUK DI ATAS SINGA BIRU)
Wénshū pǔsà (文殊菩萨) / Mañjuśri Bodhisattva yang merupakan pencerminan watak kebijaksanaan yang luar biasa. Ia adalah Bodhisattva pertama yang disebut dalam kitab-kitab suci, dan merupakan Bodhisattva terkemuka dan terpenting dalam kalangan Buddha Mahayana. Di dalam Mahayana, bijaksana dan welas asih adalah dua watak yang sangat penting. Manjusri adalah Bodhisattva kebijaksanaan dan pengetahuan, sebab itu ia dianggap terkemuka, sejajar dengan Avalokitesvara Bodhisattva atau Kuan Yin yang merupakan Bodhisattva belas kasih.

Dua figur yang lebih kecil di dalam baris kedua ini adalah 2 pemuda pemudi pengikut dari Guānyīn púsà yang sangat sering terlihat mendampingi Beliau. Mereka biasanya merujuk pada sebutan Dragon Girl / Lóngnǚ (龙女) dan Virtuous Talent / Shàncái (善才).
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar