Senin, 11 Juli 2016

Baris Ketiga : Dunia Para Arwah dan Para Pelindung Dharma - Bagian Ketiga




KIRI (MEMEGANG MANGKUK)
Duke Mǐn / Mǐn gōng chángzhāi (闵公长斋) adalah seorang bangsawan / raja yang memiliki sebuah kerajaan yang dengan kesungguhan hatinya menjadi seorang Buddhis dan mendonasikan / menyumbangkan sebidang lahan untuk mendirikan Vihara / Kuil kepada Ksitigarbha Bodhisattva dan kemudian meninggalkan seluruh kerajaan nya untuk menjadi seorang biarawan dan bahkan meminta anaknya (yang sudah menjadi seorang biarawan) untuk menjadi gurunya. Julukan "chángzhāi" yang berarti "menjadi vegetarian selamanya".


TENGAH 
Dìzàng wáng púsà (地藏王菩萨) / Earth Treasury King Bodhisattva / Kṣitigarbha Bodhisattva adalah salah satu dari 4 bodhisattva utama dalam Buddhisme Mahayana di Asia Timur yang biasanya dimanifestasikan dalam bentuk rupa seorang Bhikkhu. Namanya dapat diartikan sebagai "Bendahara Bumi", "Simpanan Bumi", atau "Rahim Bumi". Ksitigarbha terkenal oleh komitmen tekadnya untuk mengambil tanggung jawab atas seluruh mahluk di enam alam, pada masa antara berakhirnya Buddha Gautama (Shakyamuni) dan kebangkitan Buddha Maitreya, juga oleh komitmen tekad mulianya untuk tidak mencapai pencerahan sebelum penghuni alam neraka menjadi kosong.

KANAN
Dàomíng zūnzhě (道明尊者) digambarkan sebagai sosok anak muda yang berdiri berdampingan dengan Ksitigarbha Bodhisattva sebenarnya adalah seorang pangeran yang menjadi biarawan di bawah bimbingan langsung Ksitigarbha dan kemudian menjadi guru dari ayah kandung nya sendiri yaitu Mǐn gōng chángzhāi. Dia selalu direpresentasikan dengan figur menyerupai Moghalana, salah satu murid Sang Buddha yang terkenal dengan kisahnya yang menerobos alam neraka untuk menyelamatkan ibu kandungnya.

DI KEDUA SISI UJUNG KIRI DAN KANAN
Four Celestial Kings / Empat Raja Langit / Tiānwáng (天王) / Diamond Kings / Jīngāngwán (金刚王) adalah empat sosok yang mengelilingi ketiga figur tersebut. Mereka adalah empat sosok pelindung Buddhis.

*Untuk Empat Raja Langit akan dibahasa secara detail masing-masing Raja Langit pada artikel yang akan datang
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar