Minggu, 31 Juli 2016

KISAH 100 BUDDHA & BODHISATTVA (PANCA DHYANI BUDDHA / LIMA BUDDHA KEBIJAKSANAAN / THE FIVE WISDOM BUDDHAS / WU ZHI RU LAI / 五智如来) - AMOGHASIDDHI BUDDHA / CHENG JIU RU LAI / 成就如來 / དོན་ཡོད་གྲུབ་པ / (BUDDHA KE-5)




Buddha Amoghasiddhi adalah Buddha ke-5 dari Panca Dhyani Buddha. Makna dari nama Amoghasiddhi adalah "Ia Yang Pencapaiannya Tidak Sia-Sia".

Buddha Amoghasiddhi jarang dikenal oleh umat Buddha Mahayana sekte esoterik. Buddha Amoghasiddhi sangat jarang dipuja atau diletakkan pada altar sembayang. Di antara ke-5 Buddha yang berada di lima titik penjuru mata angin, sebagai Panca Dhyani Buddha, Buddha Amogasiddhi berada di alam semesta bagian Utara, dan menjadi penjaga alam semesta wilayah Utara.


Menurut aliran Buddha Mahayana sekte esoterik, Buddha Amoghasiddhi mempunyai watak tidak mengenal takut, mempunyai pribadi yang berkemauan teguh dalam melaksanakan Sumpah Maha Suci-Nya untuk menolong semua mahluk. Adapun sikap dari rupang Buddha Amoghasiddhi, adalah tangan kiri Beliau memegang dua sudut dari jubahNya, sedangkan tangan kanan Beliau, kelima jari-Nya dibentangkan dan telapak tangan menghadap ke luar. Janji batin dari Buddha Amogasiddhi melambangkan beliau menarik semua makhluk agar terlepas dan tidak terkena penderitaan

Buddha Amoghasiddhi berkedudukan di Utara. Dengan sikap Abhya-Mudra, yaitu telapak tangan kiri terbuka di atas pangkuan telapak tangan kanan di atas lutut kanan dengan jari-jari terbuka ke atas, ibu jari ke dalam, artinya "Tanpa Rasa Takut". Amoghasidhi berarti Mahajadi yang tiada mengenal kegelapan. Memiliki warna hijau, dengan unsur Panca Bhuttha angin, unsur Panca Skandha Sankhara, dan unsur Panca Indera peraba.

Foto Cetya Tathagata Jakarta.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar