Minggu, 31 Juli 2016

KISAH 100 BUDDHA & BODHISATTVA (PANCA DHYANI BUDDHA / LIMA BUDDHA KEBIJAKSANAAN / THE FIVE WISDOM BUDDHAS / WU ZHI RU LAI / 五智如来) - RATNASAMBHAVA BUDDHA / 南方宝生部主宝生佛 / རིན་ཆེན་འབྱུང་གནས / (BUDDHA KE-4)




Ratnasambhava Buddha adalah yang keempat dari Lima Dhyani Buddha yang telah disembah sejak 500 SM sampai hari ini. Ratnasambhava secara harafiah mempunyai makna "Permata Yang Memenuhi Keinginan" / "Berasal Dari Permata" / "Permata Alam Semesta". Tiga Permata adalah Buddha (guru), Dharma (ajaran), dan Sangha (komunitas). Ratnasambhava selalu menghadap selatan, dan warna tubuhnya berwarna kuning yang mewakili warna matahari.


Ratnasambhava selalu mengajarkan mengenai "Kebijaksanaan Kesetaraan" atau "Kesamaan / Samatajnana". Ratnasambhava juga menekankan bahwa setiap makhluk adalah sama dan apa yang disebut dengan perbedaan gender dan status sosial tidaklah penting. Ratnasambhava juga mengajarkan bahwa dunia adalah murah hati dan begitu juga manusia, karena itu, ia menekankan pada "Keselarasan" dan "Berbagi". Alasan mengapa Ratnasambhava mengajarkan "Berbagi" daripada "Memberi" adalah karena jika ada "Memberi", ada "Diri" dan "Orang Lain" baik secara individu yang ada, namun jika ada berbagi, ada "KITA" berarti bahwa kita berbagi hal-hal bersama dan hidup bersama dalam satu harmoni.

Ratnasambhava adalah Buddha kebaikan dan keindahan yang merupakan tokoh sentral dari keluarga Ratna, yang mewakili kekayaan dan martabat dan unsur kosmik dari sensasi. Namun, di Nepal, telah dikatakan bahwa aspek negatifnya adalah eksploitasi kekayaan dan perwujudan dari fitnah.

Ratnasambhava juga diwakili merangkul Mamaki. Dia melambangkan air yang diperlukan sebagai pupuk oleh bumi. Dalam mitologi Hindu, Ratnasambhava diyakini sebagai tokoh yang mengubah racun kebanggaan (kesombongan rohani, intelektual dan manusia) ke dalam "Kebijaksanaan Kesetaraan".

Buddha Tibet mengajarkan bahwa dengan "Kebijaksanaan Kesetaraan" seseorang melihat segala sesuatu dengan netralitas ilahi dan mengakui kesetaraan semua makhluk ilahi. Satu melihat semua makhluk dan Sang Buddha memiliki sifat yang sama, sebuah kondisi untuk memacu kenaikan spiritual kita dan untuk memperoleh kepercayaan untuk mewujudkan dalam diri kita status seorang Buddha.

Ratnasambhava Buddha berkedudukan di selatan. Dengan sikap Wara-Mudra, yaitu telapak tangan kiri terbuka ke atas pangkuan, telapak tangan kanan terbuka di atas lutut kanan, memberikan anugerah dan berkah. Ratnasambhava berarti "Permata Alam Semesta". Memiliki warna kuning emas, dengan unsur Panca Bhuttha air, unsur Panca Skandha Vedana atau perasaan, dan Unsur Panca indera pengecapan.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar