Minggu, 31 Juli 2016

KISAH 100 BUDDHA & BODHISATTVA - TUJUH BUDDHA MASA LAMPAU / THE 7 BUDDHAS OF THE PAST / GUOQU QI FO / 過去七佛




Pada artikel sebelumnya mengenai Kisah 100 Buddha & Bodhisattva, Cetya Tathagata Jakarta telah memberikan sekilas mengenai Shakyamuni Buddha sebagai pendiri dari agama Buddha. Untuk artikel kali ini demi melengkapi Kisah 100 Buddha, kami akan memberikan kisah dari Tujuh Buddha Masa Lampau dan akan merikan sekilas riwayat dari 6 Buddha lainnya selain Shakyamuni Buddha.

Dikutip dari Sutra Dharani Dafangdeng / 大方等陀罗尼经:


“Manjusri, Dharani ini dibabarkan oleh 7 Buddha masa lampau. Tujuh ini pada hakekatnya adalah tak terhitung, telah membabarkan Dharani ini, untuk menyelamatkan makhluk. Saat ini, 7 Buddha di Sepuluh Penjuru yang tak terhitung banyaknya, juga membabarkan Dharani ini demi menyelamatkan semua makhluk. Demikian halnya pula dengan 7 Buddha yang akan datang di sepuluh penjuru yang tak terhitung, membabarkan Dharani ini, demi semua makhluk. Saat ini Engkau menanyakan makna seputar Dharani ini, Aku telah menjelaskannya. Dengan menggunakan Dharani Sutra ini, selamatkanlah pula para biksu pada masa yang akan datang, yang melanggar sila, supaya mereka kokoh silanya dan selalu menetap di bhumi kesucian.

Putra Yang Berbudi! Bila ada seorang Biksu, yang telah melanggar empat pantangan, bila dapat mengingat Dharani ini dengan tulus, menjapakannya 1,400 kali, lalu sekali sungguh hati bertobat. Dan meminta pada satu Biksu sebagai saksi, bahwa ia telah mengakui kesalahannya di hadapan rupang Buddha. Dengan demikian melakukannya, sampai lewat 87 hari pertobatan, pasti silanya akan muncul kembali dan kokoh hati Boddhinya.

Dan lagi Manjusri, bagaimana mengetahui kalau dia telah menyucikan sila nya? Putra yang berbudi, bila ia bermimpi kepalanya disentuh oleh Gurunya. Bila memberikan dana makanan, peralatan, obat, dan lain lain pada orang tuanya, brahmana, dan orang orang yang bermoral, maka ia telah menyucikan silanya. Bila menemui penampakan yg demikian, hendaknya dikatakan pada Guru, dan dia telah dinyatakan sejalan dengan Dharma telah melenyapkan segala kesalahannya (大方等陀罗尼经).
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar