Minggu, 31 Juli 2016

Melatih Diri untuk "DIAM"




Sebelum Ajaran Zen masuk ke Jepang, pengikut ajaran Tendai-lah yang banyak mempelajari meditasi. Di antara para siswa Tendai, ada 4 serangkai yang sepakat untuk menjalankan "7 hari diam (seven days of silence)"

Pada hari pertama, tidak ada seorangpun dari 4 serangkai ini yang berbicara. Pelatihan Meditasi mereka pada awalnya berjalan baik... Ketika malam tiba dan lampu ruangan meredup, salah seorang Murid tidak dapat menahan dirinya dan berseru kepada pelayan di sana, "Perbaiki Lampunya!"


Murid Kedua terkejut mendengar salah satu dari mereka berbicara, sehingga ia berkata, "Kita seharusnya tidak bicara sepatah kata pun!"

"Alangkah bodohnya kalian! Kenapa kalian bicara?" tanya Murid Ketiga

"Saya adalah satu-satunya yang belum bicara," kata si Murid Keempat.

Learning To Be Silent

The pupils of the Tendai school used to study meditation before Zen entered Japan. Four of them who were intimate friends promised one another to observe seven days of silence.

On the first day all were silent. Their meditation had begun auspiciously, but when night came and the oil lamps were growing dim one of the pupils could not help exclaiming to a servant: "Fix those lamps."

The second pupil was surprised to hear the first one talk. "We are not supposed to say a word," he remarked.

"You two are stupid. Why did you talk?" asked the third.

"I am the only one who has not talked," concluded the fourth pupil.




Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar