Senin, 11 Juli 2016

MENGENAL DHARMAPALA SKANDHA BODHISATTVA / WEI TUO PU SA / 韋陀菩薩 (BAGIAN 1)




Wei Tuo Pu Sa / Hokkian = Wi To Pho Sat / Dharmapala Skandha Bodhisattva / 韋陀菩薩 / bergelar Hu Fa Pu Sa, yaitu Bodhisatva Pelindung Dharma. Wei Tuo Pu Sa disebut juga Wei Tuo Tian / 韋陀天, adalah Bodhisatva Pelindung vihara, klenteng, dan bangunan-bangunan suci. Beliau juga adalah Pelindung Kitab Suci Buddha. Arca / rupang dari Wei Tuo Pu Sa biasanya dapat kita jumpai di sisi dari Sakyamuni Buddha / Avalokitesvara Bodhisattva yang berdampingan dengan Sangharama Bodhisattva / Jia Lan Pu Sa / 迦闌菩薩 yang ditampilkan sebagai Malaikat Pintu / Men Shen / 門神.


Menurut legenda, Wei Tuo Pu Sa memiliki 6 kepala & 12 lengan. Beliau menunggang burung merak dengan tangan memegang busur & anak panah. Wei Tuo Pu Sa yang biasanya kerap kita jumpai arcanya biasanya digambarkan dengan pakaian perang lengkap dan tanggannya memegang Ruyung Penakluk Iblis / Hang Mo Pian / Pedang Berjeruji, dengan wajah tampan dan mengenakan selendang dewata.

Setelah Wei Tuo Pu Sa menjadi pengikut Buddha, beliau merupakan salah satu dari 8 Jendral Langit bagian Selatan. Si Da Tian Wang / 4 Raja Langit / 四大天王, masing-masing memiliki 8 Jendral Langit, sehingga seluruhnya ada 32 Jendral Langit. Wei Tuo Pu Sa adalah pemimpin dari 32 Jendral Langit tersebut. Menurut buku Buddhis, Wei Tuo Pu Sa adalah putra seorang Tian Wang (Raja Langit) yang karena kebajikannya, Buddha Sakyamuni mengangkat Wei Tuo Pu Sa sebagai Pelindung Buddha Dharma ketika menaiki Nirwana. Oleh karena itu beliau bertugas melindungi Dharma Sang Buddha, melindungi anggota Sangha dari gangguan Mara, dan mendamaikan apabila terjadi perselisihan antar sekte. Apabila seorang Sangha (Mahayana) melanggar Vinaya (Peraturan Kebhiksuan), maka ia dihadapkan kepada Wei Tuo Pu Sa untuk Pertobatan.

Di samping Bodhisattva dan Arahat, dalam agama Buddha dikenal banyak sekali makhluk surgawi yang mengemban misi mulia melindungi Buddha Dharma. Mereka secara tulus berikrar menjadi Dharmapala (Pelindung Dharma) dan pelindung praktisi Buddha Dharma yang tekun. Di antara sekian banyak dewa itu terdapat satu sosok Dharmapala yang sangat menonjol. Dalam tradisi Mahayana Tiongkok, dewa yang berasal dari tradisi India kuno ini sama terkenalnya dengan Dewa Kwan Kong (Guan Yu) yang juga merupakan salah satu Dharmapala.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar