Senin, 11 Juli 2016

PANCASILA BUDDHIS / 5 SILA BUDDHIS / THE FIVE PRECEPTS (BAGIAN 5)




SILA 4 - TIDAK BERBOHONG / ABSTAIN FROM SAYING WHAT IS NOT TRUE

Kejujuran membawa perdamaian pada dunia. Ketika ada kesalah-pahaman, hal terbaik adalah membicarakannya. Sila ini termasuk tidak menggosip, tidak memfitnah, tidak ada kata-kata kasar dan tidak ada kata-kata yang tak berarti.


Seorang umat awan hendaknya menghindari perkataan yang tidak benar dan selalu mengucapkan kata-kata yang sopan. Sehingga, di dalam hidup bermasyarakat akan tercipta suasana yang tenang, karena tidak ada kebohongan diantara semuanya.

Musavada telah terjadi bila terdapat empat faktor yang terdiri dari:

1. Sesuatu atau hal yang tidak benar
2. Mempunyai niat untuk menyesatkan
3. Berusaha untuk menyesatkan
4. Orang lain jadi tersesat

Buddha mengajarkan bahwa “ seseorang seharusnya mengucapkan hanya ucapan yang menyenangkan, ucapan yang disambut dengan gembira. Ketika diucapkan tidak membawa keburukan apa yangdiucapkan adalah menyenangkan bagi orang lain” ( Samyutta Nikaya, 2010 :287).

Dalam kehidupan sehari-hari kita hendaknya berbicara dengan benar dan gembira. Suatu perkataan itu mengandung makna dan bermanfaat. Sehingga orang yang mendengar akan senang dengan ucapan kita.

Dalam Kakacupama Sutta Majjhima Nikaya 1, Buddha mengatakan bahwa, ucapan benar dapat terjadi apabila terdapat 5 syarat sebagai berikut:

1. Ucapan itu tepat pada waktunya
2. Ucapan itu sesuai kebenaran
3. Ucapan itu lembut
4. Ucapan itu bermanfaat
5. Ucapan itu penuh cinta kasih

Penjelasan di atas merupakan syarat dari ucapan benar. Seorang umat Buddha sebaiknya, melakukan 5 syarat di atas. Ucapan benar akan menimbulkan kebijaksanaan, menciptakan perdamaian dan menghilangkan perpecahan.

Ucapan yang tidak benar ini akan menimbulkan kamma buruk bagi pelakunya. Diantaranya, tidak dipercayai oleh orang lain, dan menderita karena dia telah mengucapkan perkataan yang tidak benar. Untuk itu hindarilah ucapan berbohong dan selalu mengucapkan kata-kata yang benar dan bermanfaat.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar