Senin, 11 Juli 2016

PEMBAGIAN JALAN UTAMA BERUNSUR DELAPAN / THE NOBLE EIGHTFOLD PATH (BAGIAN 2)




Jalan Utama Berunsur Delapan seringkali dibagi menjadi tiga bagian:

I. Kebijaksanaan (Pali: Pañña; Sanskerta: prajñā)
1. Pengertian Benar (sammä-ditthi)
2. Pikiran Benar (sammä-sankappa)


II.Kemoralan (Pali: Sīla)
3. Ucapan Benar (sammä-väcä)
4. Perbuatan Benar (sammä-kammanta)
5. Pencaharian Benar (sammä-ajiva)

III. Konsentrasi (Pali: Samädhi)
6. Daya-upaya Benar (sammä-väyäma)
7. Perhatian Benar (sammä-sati)
8. Konsentrasi Benar (sammä-samädhi)

Kedelapan unsur tersebut menyandang kata "Benar" yang diterjemahkan dari kata sammä (Pali) atau samyañc (bahasa Sanskerta). Kata-kata lain seperti sempurna (perfect) atau sesuai (ideal).

"Bhante, apakah tiga kelompok dimasukkan oleh jalan mulia berunsur delapan, atau jalan mulia berunsur delapan dimasukkan oleh tiga kelompok?
Saudara Visakha, tiga kelompok tidak dimasukkan oleh jalan mulia berunsur delapan, tetapi jalan mulia berunsur delapan dimasukkan oleh tiga kelompok. Setiap ucapan benar, setiap perbuatan benar dan setiap mata pencaharian benar: dhamma-dhamma ini dimasukkan ke dalam kelompok moral (Sila), setiap usaha benar, setiap kesadaran benar, konsentrasi benar; dhamma-dhamma ini dimasukkan ke dalam kelompok Meditas (Samadhi), setiap pandangan benar dan setiap pikiran benar: dhamma-dhamma ini dimasukkan ke dalam kelompok Kebijaksanaan (Panna)” — Culavedalla Sutta
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar