Minggu, 31 Juli 2016

SEJARAH SANGHARAMA BODHISATTVA / GUAN GONG - TABIB HUA TUO MENGOBATI LENGAN GUAN YU DALAM NOVEL SAM KOK / KISAH TIGA NEGARA (BAGIAN 4)




Dalam Bab 75, selama pengepungan pada Fancheng / 樊城 (sekarang Xiangfan, Hubei), lengan Guan Yu terluka oleh sambaran panah yang ditembakkan oleh musuh. Panah itu segera dicabut tapi racun yang dioleskan pada mata panah sudah meresap ke dalam lengan Guan Yu. Guan Yu tidak mau memerintahkan pasukannya untuk mundur sehingga bawahannya mencari seorang tabib untuk mengobati lukanya. Tabib yang terkenal Hua Tuo muncul tepat pada waktu dan menawarkan diri untuk merawat luka Guan Yu.


Hua Tuo mendiagnosa bahwa dia perlu melakukan operasi pada lengan Guan Yu, dengan memotong membuka dan mengorek daging dari sisa-sisa racun pada tulang. Hua Tuo juga menyarankan bahwa Guan Yu harus menutup mata dan mengikat lengannya erat-erat karena akan dilakukan operasi dan tidak adanya anestesi dapat membuat pasiennya tidak dapat menahan rasa sakit yang luar biasa dari operasi itu. Namun, Guan Yu meminta agar operasi dilakukan saat itu juga dan ia terus melanjutkan permainan Weiqi dengan Ma Liang selama operasi.

Sepanjang operasi, mereka yang menonton di dekatnya merasa ngeri saat mereka menyaksikan adegan mengerikan di depan mereka, tetapi Guan Yu tetap tenang dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit sama sekali. Akhirnya, Hua Tuo berhasil menyembuhkan luka Guan Yu dan menjahitnya setelah menerapkan pengobatan dan kemudian pergi tanpa menerima imbalan apapun.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar