Kamis, 06 Oktober 2016

Transformasi Sejati


Ryokan mengabdikan hidupnya untuk mempelajari Zen. Suatu hari, ia mendengar bahwa keponakannya (meskipun sudah sering ditegur oleh kerabat lainnya), menghamburkan uangnya untuk bersenang-senang. Keponakan Ryokan ini memegang peranan penting dalam mengelola keuangan dan harta keluarga. Melihat kondisi saat ini, kerabatnya mengkhawatirkan harta keluarga mereka akan habis karena kelakuan keponakan Ryokan ini. Karena itu, mereka meminta Ryokan untuk melakukan sesuatu.
Ryokan menempuh perjalanan jauh untuk mengunjungi keponakannya, yang sudah lama tidak pernah ia temui. Keponakannya tampak senang bertemu pamannya lagi dan mengundangnya untuk bermalam di rumahnya.
Sepanjang malam, Ryokan duduk bermeditasi. Keesokan pagi, saat ia berpamitan, ia berkata kepada keponakannya: "Pastilah saya sudah semakin tua... Sekarang tanganku terus gemetar. Bisakah kamu membantu mengikatkan tali sandal jerami-ku?"
Keponakannya membantu dengan senang hati.
"Terima kasih," kata Ryokan, "Cobalah kau lihat, dari hari ke hari, Manusia menjadi semakin tua dan semakin lemah... Jagalah dirimu baik-baik."
Kemudian Ryokan pun pergi tanpa menegur kebiasaan tidak baik keponakannya. Ryokan juga tidak menyampaikan keluhan dari kerabat si keponakannya itu. Namun, sejak hari itu, keponakannya tidak pernah lagi menghambur-hamburkan uang.
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar