Rabu, 12 April 2017

12 PANGLIMA YAKSA (THE 12 HEAVENLY GENERALS / 十二神将) - BAGIAN 1


Dalam rangka awal tahun Imlek 2568 tahun Ayam Api, Cetya Tathagata Jakarta akan mempersembahkan Kisah Bhaisajyaguru Buddha beserta dengan 12 Panglima Yaksa (The 12 Heavenly Generals / 十二神将) Pelindung Pintu Dharma Bhaisajyaguru Buddha dan Pelindung 12 Shio yang akan terbagi menjadi 4 bagian kisah.
12 PANGLIMA YAKSA (THE 12 HEAVENLY GENERALS / 十二神将) - BAGIAN 1
PANGLIMA YAKSA PELINDUNG SHIO AYAM (鸡) - PANGLIMA YAKSA MIHIRA / MEKHILA / 迷企罗大将
Penjelmaan dari Amitabha Buddha melindungi orang yang terlahir pada jam 5 – 7 sore, memiliki tubuh berwarna kuning dengan mahkota kepala ayam diatasnya, tangan kanan memegang berlian tunggal, tangan kiri menggenggam dibagian pinggang.
PANGLIMA YAKSA PELINDUNG ANJING (狗) - PANGLIMA YAKSA VAJRA / 伐折罗大将
Bermakna sebagai Vajra karena memang memegang vajra ditangannya dengan wajah yang tersenyum, sebagai penjelmaan dari mahasthamaprapta bodhisattva, melindungi orang yang lahir pada jam 7 – 9 malam. Tubuhnya berwarna hijau, dalam ekspresi marah dengan rambut panjang dan membawa pedang ditangan kanannya.
PANGLIMA YAKSA PELINDUNG BABI (猪) - PANGLIMA YAKSA KUMBHIRA / 宫毗罗大将
Mempunyai tubuh dengan sinar naga emas, melindungi orang yang lahir pada jam 9 – 11 malam hari. Yaksa ini adalah penjelmaan maitreya bodhisattva bertubuh merah api , dalam ekspresi wajah emosi dan memakai mahkota berkepala babi, membawa pedang besar ditangan kanannya.
PANGLIMA YAKSA PELINDUNG SHIO TIKUS (鼠) - PANGLIMA YAKSA VIKALA / VIKARARA / 毗羯罗大将
Merupakan penjelmaan dari Sakyamuni Buddha yang melindungi orang yang lahir pada jam 11 – 1 malam, memiliki tubuh berwarna hijau dengan wajah marah bermahkota tikus, tangan kanannya memegang tombak dengan tangan kiri memegang bola permata.
*bersambung ke bagian 3*
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar