Dalam rangka menyambut HUT Avalokitesvara Bodhisattva yang jatuh pada hari Kamis, 16 Maret 2017 (Lunar tanggal 19 bulan 02), Cetya Tathagata Jakarta akan memberikan artikel mengenai Avalokitesvara Bodhisattva yang akan terbagi menjadi 3 bagian.
SEJARAH AVALOKITESVARA BODHISATTVA (BAGIAN 2)
Altar utama di Kuil Pho Jee Sie (Phu Tho San) di persembahkan kepada Avalokitesvara dengan perwujudan emanasi sebagai “Buddha Vairocana” dan di sisi kiri atau kanan berjajar 16 (enam belas) perwujudan lainnya. Perwujudan Avalokitesvara di altar utama Kim Tek Ie / Jing De Yuan di Petak Sembilan, salah satu Klenteng tertua di Jakarta Indonesia adalah King Cee Kwan Im (Kwan Im Membawa Sutra Memberi Pelajaran Buddha Dharma Kepada Umat Manusia). Disamping itu, terdapat pula wujud Avalokitesvara dalam Chien Chiu Kwan Im / Jeng Jiu Kwan Im / Qian Shou Guan Yin. (Kwan Im Seribu Lengan / Tangan) sebagai perwujudan Kwan Im yang selalu bersedia mengabulkan permohonan perlindungan yang tulus dari umatnya.
Ketika agama Buddha memasuki Tiongkok (Masa Dinasti Han), pada mulanya Avalokitesvara Bodhisattva bersosok pria. Seiring dengan berjalannya waktu, dan pengaruh ajaran Taoisme serta Kong Hu Cu, menjelang era Dinasti Tang, profil Avalokitesvara Bodhisattva berubah dan ditampilkan dalam sosok wanita.
Dari pengaruh ajaran Tao, probabilita perubahan ini terjadi karena jauh sebelum mereka mengenal Avalokitesvara Bodhisattva, kaum Taois telah memuja Dewi Tao yang disebut “Niang-Niang” (Probabilitas adalah Dewi Wang Mu Niang-Niang). Sehubungan dengan adanya legenda Puteri Miao Shan yang sangat terkenal, mereka memunculkan tokoh wanita yang disebut “Guan Yin Niang Niang”, sebagai penganti Avalokitesvara Bodhisattva pria.
Lambat laun tokoh Avalokitesvara Bodhisattva pria dilupakan orang dan tokoh Guan Yin Niang-Niang menggantikan posisinya dengan sebutan Guan Yin Phu Sa. Dari pengaruh ajaran Kong Hu Cu, mereka menilai kurang layak apabila kaum wanita memohon anak pada seorang Dewa. Bagi para penganutnya, hal itu dianggap sesuai dengan keinginan Kwan Im sendiri untuk mewujudkan dirinya sebagai seorang wanita, agar lebih leluasa untuk menolong kaum wanita yang membutuhkan pertolongan.
Dari sini jelas bahwa tokoh Avalokitesvara Bodhisattva berasal dari India dan tokoh Guan Yin Phu Sa berasal dari Tiongkok. Avalokitesvara Bodhisattva memiliki tempat suci di gunung Potalaka, sedangkan Guan Yin Phu Sa memiliki tempat suci di gunung Phu Tho Shan di kepulauan Zhou Shan, China. Kesimpulan atas hal ini adalah tokoh Avalokitesvara Bodhisatva merupakan stimulus awal munculnya Guan Yin Phu Sa.
Dalam sejumlah kitab Budhisme Tiongkok klasik, seperti Sutra Suddharma Pundarika Sutra (Biau Hoat Lien Hoa Keng) disebutkan ada 33 penjelmaan Guan Yin Phu Sa, antara lain :
1. Guan Yin Berdiri Menyeberangi Samudera
2. Guan Yin Menyebrangi Samudera Sambil Berdiri Di Atas Naga
3. Guan Yin Duduk Bersila Bertangan Seribu
4. Guan Yin Berbaju dan Berjubah Putih Bersih Sambil Berdiri
5. Guan Yin Berdiri Membawa Anak
6. Guan Yin Berdiri Di Atas Batu Karang / Gelombang Samudera
7. Guan Yin Duduk Bersila Membawa Botol Suci & Dahan Yang Liu
8. Guan Yin Duduk Bersila Dengan Seekor Burung Kakak Tua
Selain perwujudan yang beraneka bentuk dan posisi, nama atau julukan Avalokitesvara juga bermacam-macam, ada Sahasrabhuja Avalokitesvara (Qian Shou Guan Yin), Cundi Avalokitesvara, dan lain-lain. Walaupun memiliki berbagai macam rupa, pada umumnya Guan Yin ditampilkan sebagai sosok seorang wanita cantik yang keibuan, dengan wajah penuh keanggunan.
Selain itu, Guan Yin Phu Sa sering juga ditampilkan berdampingan dengan Bun Cu Pho Sat dan Po Hian Pho Sat, atau ditampilkan bertiga dengan Tay Su Ci Pho Sat (Da Shi Zhi Phu Sa) & O Mi To Hud. Sedangkan dalam Maha Karuna Dharani (Ta Pei Cou / Ta Pei Shen Cou) ada 84 perwujudan Guan Yin Phu Sa sebagai simbol dari Bodhisatva yang mempunyai kekuasaan besar.
Altar utama di Kuil Pho Jee Sie (Phu Tho San) di persembahkan kepada Avalokitesvara dengan perwujudan emanasi sebagai “Buddha Vairocana” dan di sisi kiri atau kanan berjajar 16 (enam belas) perwujudan lainnya. Perwujudan Avalokitesvara di altar utama Kim Tek Ie / Jing De Yuan di Petak Sembilan, salah satu Klenteng tertua di Jakarta Indonesia adalah King Cee Kwan Im (Kwan Im Membawa Sutra Memberi Pelajaran Buddha Dharma Kepada Umat Manusia). Disamping itu, terdapat pula wujud Avalokitesvara dalam Chien Chiu Kwan Im / Jeng Jiu Kwan Im / Qian Shou Guan Yin. (Kwan Im Seribu Lengan / Tangan) sebagai perwujudan Kwan Im yang selalu bersedia mengabulkan permohonan perlindungan yang tulus dari umatnya.
Ketika agama Buddha memasuki Tiongkok (Masa Dinasti Han), pada mulanya Avalokitesvara Bodhisattva bersosok pria. Seiring dengan berjalannya waktu, dan pengaruh ajaran Taoisme serta Kong Hu Cu, menjelang era Dinasti Tang, profil Avalokitesvara Bodhisattva berubah dan ditampilkan dalam sosok wanita.
Dari pengaruh ajaran Tao, probabilita perubahan ini terjadi karena jauh sebelum mereka mengenal Avalokitesvara Bodhisattva, kaum Taois telah memuja Dewi Tao yang disebut “Niang-Niang” (Probabilitas adalah Dewi Wang Mu Niang-Niang). Sehubungan dengan adanya legenda Puteri Miao Shan yang sangat terkenal, mereka memunculkan tokoh wanita yang disebut “Guan Yin Niang Niang”, sebagai penganti Avalokitesvara Bodhisattva pria.
Lambat laun tokoh Avalokitesvara Bodhisattva pria dilupakan orang dan tokoh Guan Yin Niang-Niang menggantikan posisinya dengan sebutan Guan Yin Phu Sa. Dari pengaruh ajaran Kong Hu Cu, mereka menilai kurang layak apabila kaum wanita memohon anak pada seorang Dewa. Bagi para penganutnya, hal itu dianggap sesuai dengan keinginan Kwan Im sendiri untuk mewujudkan dirinya sebagai seorang wanita, agar lebih leluasa untuk menolong kaum wanita yang membutuhkan pertolongan.
Dari sini jelas bahwa tokoh Avalokitesvara Bodhisattva berasal dari India dan tokoh Guan Yin Phu Sa berasal dari Tiongkok. Avalokitesvara Bodhisattva memiliki tempat suci di gunung Potalaka, sedangkan Guan Yin Phu Sa memiliki tempat suci di gunung Phu Tho Shan di kepulauan Zhou Shan, China. Kesimpulan atas hal ini adalah tokoh Avalokitesvara Bodhisatva merupakan stimulus awal munculnya Guan Yin Phu Sa.
Dalam sejumlah kitab Budhisme Tiongkok klasik, seperti Sutra Suddharma Pundarika Sutra (Biau Hoat Lien Hoa Keng) disebutkan ada 33 penjelmaan Guan Yin Phu Sa, antara lain :
1. Guan Yin Berdiri Menyeberangi Samudera
2. Guan Yin Menyebrangi Samudera Sambil Berdiri Di Atas Naga
3. Guan Yin Duduk Bersila Bertangan Seribu
4. Guan Yin Berbaju dan Berjubah Putih Bersih Sambil Berdiri
5. Guan Yin Berdiri Membawa Anak
6. Guan Yin Berdiri Di Atas Batu Karang / Gelombang Samudera
7. Guan Yin Duduk Bersila Membawa Botol Suci & Dahan Yang Liu
8. Guan Yin Duduk Bersila Dengan Seekor Burung Kakak Tua
Selain perwujudan yang beraneka bentuk dan posisi, nama atau julukan Avalokitesvara juga bermacam-macam, ada Sahasrabhuja Avalokitesvara (Qian Shou Guan Yin), Cundi Avalokitesvara, dan lain-lain. Walaupun memiliki berbagai macam rupa, pada umumnya Guan Yin ditampilkan sebagai sosok seorang wanita cantik yang keibuan, dengan wajah penuh keanggunan.
Selain itu, Guan Yin Phu Sa sering juga ditampilkan berdampingan dengan Bun Cu Pho Sat dan Po Hian Pho Sat, atau ditampilkan bertiga dengan Tay Su Ci Pho Sat (Da Shi Zhi Phu Sa) & O Mi To Hud. Sedangkan dalam Maha Karuna Dharani (Ta Pei Cou / Ta Pei Shen Cou) ada 84 perwujudan Guan Yin Phu Sa sebagai simbol dari Bodhisatva yang mempunyai kekuasaan besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar